Suasana istirahat (makan) siang di Poliklinik kami yang sederhana,
namun serba ada, yang selalu dijadikan pantry
dan tempat bobo siang favorit bagi karyawan-karyawan (tertentu). Pastinya tempat hang-out yang hiets di
kantor (maksudnya sebagai tempat asyik untuk ngerumpi dan ngegosip).
Suster : Pak J (seksi sibuk di kantor) apa password email nya? (sibuk
pencat-pencet dua smartphone di depannya)
Pak J : Itu tuh.. (sambil menunjuk potongan kertas post-it di
meja dalam ruangan, sambil sibuk mengunyah nasi cemilan plus ikan(g) goreng
plus Indomie siram plus sambal balado sachet)
Me : Kalian lagi sibuk ngapain sih? (kebiasaan kepo pengen
tau semua kegiatan orang)
Suster : Ini dok.. Pak J mau daftar gojek? (masih sibuk
pencat-pencet smartphone)
Me : Lumayan tuh Pak buat nambah-nambahin uang jajan. Kalo
ada waktu kosong ambil aja orderannya Pak.
Pak J : Iya dok, saya kan dalam masa pertumbuhan ya dok (ke
samping).. Jadi masih butuh banyak cemilan bergizi (tepok jidat dah, secara si bapak usianya 30 an, ukuran bajunya L menuju XL). Udah belon? (masih mengunyah
nasi campur Indomie siram)
Suster : Udeh.. Nih..
(menyodorkan smartphone Samsung yang berusia baru 2 minggu hasil penukaran
promo Telkomsel). Dok, tapi kok vouchernya ga masuk yah?
Me : Voucher apaan Pak? Katanya daftar gojek kok ada
vouchernya?
Suster : Daftar aplikasinya dok, download gojek dapet
voucher lima puluh ribu. Itu Pak J dikirimin BM* dari A (staff IT) untuk dapetin
vouchernya dok. Bukan daftar jadi supir gojeknya...
Me : Ah.. Download aplikasinya yah.. Vouchernya mah buat bayar
abang gojeknya kalo pake jasa gojeknya. Nanti dipotong dari situ. Lah, bukannya
Pak J ada motornya?
Pak J : Ada dok.. Pikir saya
vouchernya bisa buat bayar makan. Hahaha...
Me : Wah.. Jadi kepikiran nih, saya juga blum makan. Gimana
kalo pesen risoles mayo pake gojek aja? (teringat ada vendor risoles
mayo dekat-dekat kantor yang join di gojek).
Pak J : Wah.. Ide bagus tuh dok, mumpung saya blum terlalu kenyang dok.
Hahaha... (sambil membereskan kotak-mangkok bekalnya)
Me : (membuka aplikasi, pilih go-food nya, pilih vendornya,
pilih menunya, tentukan jumlah, voila! Mari menunggu beberapa saat sebelum ada
abang gojek yang mau mengantar)
Pak J : Saya ke pos security dulu yah.. Tunggu makanan... (Semangat banget Pak J)
Kring.. Kring..
Me : Halo...
Dia (abang gojek) : Siang Ibu.. Saya dari gojek, mau
bertanya, posisi ibu di mana ini?
Me : PT. Lola-Lola Pak...
Dia : PT. Lola-Lola di mananya bu? Di seberangnya atau di
sampingnya? (Pertanyaan yang aneh)
Me : Di dalamnya Pak.
Dia : Posisi tepatnya di mana bu?
Me : Di Poliklinik nya Pak, kalo bapak mau masuk. Kalo ndak
di pos security depan juga ndak pa-pa.
Dia : Oh.. Baik Ibu. Saya menuju ke sana... (terputus)
Kring.. Kring...
Me : Iya Pak?
Dia : Ibu, saya ke tempat ibu dulu di PT. Lola-Lola atau
bagimana?
Me : Pak.. Saya ndak minta dijemput, saya pesan makanan pak,
risoles yang ada di jalan bla-bla.
Dia : Oh.. Baik Ibu, berarti saya ke jalan bla-bla dulu...
(terputus)
Kring.. Kring...
Me : Sudah Pak?
Dia : Ibu, saya sudah di jalan bla-bla. Ibu posisi di mana?
Me : Saya di PT. Lola-Lola Pak!
Dia : Jadi saya bagaimana ini ibu?
Me : Bapak belikan dulu risolesnya di sana, bayarkan dulu
pak, baru nanti saya bayar di sini...
Dia : Ibu.. Bu.. Ibu.. Kok suaranya putus-putus bu? Bu?
(terputus)
Memang sih setelah itu hape saya mati, habis batere, tapi
sebelumnya saya sempat sms dengan jelas: Pak, saya pesan risoles mayo di jalan
bla-bla nomor sekian, sebanyak sekian buah. Diantar ke PT. Lola-Lola di jalan
ini. Tolong dibayarkan dulu. Terima kasih.
Perasaan berkali-kali saya pakai aplikasi go-food nya gojek,
ga pernah gini-gini amat. Kan di sana sudah ada nama vendornya, apa yang saya
pesan, berapa jumlah dan berapa perkiraan biayanya. Kok ini abang gojeknya,
berpikir kalau saya yang minta dijemput yah?
Me : Sus.. Pinjam dulu
chargernya...
Tok-tok-tok.. Kriet... (suara pintu diketuk dan dibuka)
Me dan suster : Akhirnya...
A (staff IT yang bikin heboh dengan BM voucher gojeknya,
melongok ke dalam) : Yah ampun.. Ga usah segitunya kalieh. Kangen yah sama
saya? Hahaha...
Suster : We.. Bukanlah. Dokter lagi tunggu pesanan gojek...
A : Ih, saya juga baru-baru pesan dok. Baru aja saya selesai
makan.
Suster : Pesan apa emangnya tadi?
A : Pesan nasi ayam di Resto Itu (sambil menunjukan history
pesanan di smartphonenya). Ini.. Gratis loh dok makanannya, cuma bayar sepuluh
ribu buat biaya antarnya.
Me : Hah?! Ga bayar gituh?
A : Engga dok, orangnya cuma saya kasih sepuluh ribu dok, terus langsung pergi, Kan ada voucher yang lima puluh ribu itu, kayanya dipotong dari situ deh dok...
Me : Eh, enak bener. Setauku, dari pengalaman beberapa kali
pesen makanan pake gojek, makanannya aku yang bayar sendiri. Emang sih abangnya
yang bayarin dulu pas diambil di restonya, tapi nanti diganti uangnya. Sepuluh
ribunya mah ongkos kirimnya aja.
A : Masa sih dok, kan ada vouchernya (pencat-pencet smartphone).
Iya dok.. Vouchernya cuma kepotong sepuluh ribu... (eng.. ing.. eng..)
Suster : Nah loh, dosa loh. Ngutang sama orang ga dibayar.
Kasian itu tukang gojeknya.
A : Ah.. Jadi ga enak, telpon lagi deh gojeknya. Untung
masih ada nomornya... (keluar menelpon).
Muncul pemberitahuan di ponsel saya : Your driver is on the
way to PT. Lola-Lola. Your estimated cost is about Rp 25.000.
Me : Udah mau nyampe nih makanannya. Tapi kok dua puluh lima
ribu yah? Kok murah banget yah risoles sebanyak itu?
Suster : Alhamdullilah.. Mungkin betul si A dok, vouchernya
bisa dipake untuk bayar makanannya. Disyukuri aja dok. Niat baik berujung baik
dok...
A : (masuk kembali ke ruangan) Sudah dok? Asyik, makan lagi.
Kring.. Kring... (telpon kantor kali ini, si suster yang
angkat)
Suster : A! Tuh, abang gojeknya udah ada di pos security. Sedang
menuju ke poliklinik katanya.
A : Loh, kok gojek saya duluan yang datang yah dok? (keluar
ruangan)
A : (masuk lagi) Ternyata bayar tiga puluh ribu. Mahal. Ga
enak lagi nasi ayamnya...
Suster : Iya.. Ga enak soalnya bayar. Coba gratis. Hahaha...
Me : Ini kok lama banget yah abang gojeknya? (40 menitan
lebih kayanya, padahal jarak dari PT. Lola-Lola ke sana tidak sampai 15 menit
dengan motor)
Sms ke abang gojek : Sudah di mana?
Dia (via sms) : Maaf bu, saya pikir di cancel. Habis saya
telpon tidak nyambung-nyambung. Jadi bagaimana pesanannya bu? Saya sudah pulang
ke rumah di jalan itu bu. (Jalan itu jaraknya agak jauh dari kantor, kurang
lebih 20 menitan dengan motor).
Me : Yah ampun, abang gojeknya ternyata pulang! Ga jadi dia beliin risolesnya. Yah elah, dari tadi kek bang. Ga jadi neh kita makan risoles mayo.
Lapar dah... (kriuk.. kriuk...)
Beberapa saat kemudian, muncul pemberitahuan di layar ponsel saya:
Thank you for using Gojek.
Eng.. Ing.. Eng...
Note: Emang sih saya ga rugi apa-apa, kecuali korban PHP* dan menderita kelaparan sementara, tapi ini si Abang Gojek nya emang polos dan ga ngerti
apa-apa seperti si abang nya A, yang tanpa sengaja membayarkan makan siangnya
si A. Atau ternyata abang gojek saya ini, sama seperti abang-abang gojek lain yang marak
dilaporkan di situs-situs sosial itu? Ah, entahlah Abang M. Rez* P.
Oiyah, Go-Jek baru beroperasi tepat 2 bulan di Kota Makassar ini :-)
*BM : broadcast message (oleh BBM)
*PHP : pemberi harapan palsu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar